Cara Mengatasi Tulisan Periksa Di Meteran Listrik Prabayar

Cara Mengatasi Tulisan Periksa Di Meteran Listrik Prabayar - Belakangan ini mulai banyak masyarakat yang beralih ke model listrik parabayar. Jenis ini adalah layanan PLN yang menggunakan sistem pembayaran diawal. Para pengguna harus mengisi pulsa/token terlebih dahulu agar bisa menikmati layanan listrik. Jumlah pulsa yang bisa diisi pun bervariasi dari puluhan ribu sampai ratusanribu. Sejak diluncurkan beberapa tahun yang lalu, model ini mulai menggantikan listrik pascabayar yang sudah digunakan masyarakat bertahun tahun.
Cara Mengatasi Tulisan Periksa Di Meteran Listrik Prabayar
Cara Mengatasi Tulisan Periksa Di Meteran Listrik Prabayar

Model listrik prabayar memang memiliki sejumlah kelebihan. Pertama, dengan model prabayar kita bisa memonitor penggunaan listrik dalam harian, mingguan ataupun bulanan. Lain halnya dengan model pascabayar yang hanya diketahui penggunaan listrik di akhir bulan saja. Kedua, listrik prabayar ini berbentuk digital sehingga bisa dengan mudah terlihat berapa listrik yang sudah digunakan. Dengan begitu kita bisa mengontrol penggunaan listrik sehingga bisa lebih irit. Kendati demikian, ada juga permasalahan yang kerap terjadi pada pengguna listrik prabayar. Salah satunya adalah muncul tulisan periksa di meteran listrik.

Mengingat meteran listrik bukanlah hal yang bisa diperbaiki oleh orang awam, wajar jika panik saat muncul tulisan periksa pada meteran listrik prabayar. Mungkin kamu juga bertanya tanya apa penyebab muncul tulisan Periksa dimeteran? Perlu kamu ketahui, masalah tersebut bukan lantaran pulsanya habis melainkan disebabkan karena instalasi listrik yang bermasalah. Coba perhatikan beberapa hal berikut ini.

Penyebab Muncul Tulisan PERIKSA Pada Meteran Listrik Pulsa

  • Tombol Temper
    Inilah yang kerap terjadi pada pelanggan meteran prabayar. FYI meteran listrik prabayar memiliki tombol keamanan atau tombol temper. Fungsinya adalah untuk melindungi meteran dari gangguan luar seperti mencoba membuka cover meteran. Jika kamu dengan sengaja/tidak sengaja membuka cover meteran maka tombol temper akan manyala dan peringatan "periksa" akan muncul
  • Tegangan listrik tidak stabil
    Jika cover masih tetutup rapat, mungkin juga disebabkan oleh beberapa hal lainya. Seperti tegangan lisrik yang tidak stabil. Hal ini tentu bukan masalah yang bisa kamu selesaikan. Jadi cara mengatasi tulisan periksa pada meteran listrik yang disebabkan tegangan listrik tidak stabil hanya bisa dilakukan PLN.
  • Listrik bocor
    Jika instalasi listrik belum beres juga bisa menyebabkan munculnya tulisan periksa tersebut. 
  • Pemasangan Ground
    Grounding yang tidak benar, juga bisa menyebabkan status periksa. Untuk itu pasanglah ground sebelum KWH.
  • Kwalitas Kabel
    Kualitas yang tidak sesuai standar bisa menyebabkan status periksa. Sebaiknya gunakanlah kabel dengan diameter diatas 1,5 mm.

Cara Mengatasi Tulisan Periksa Di Meteran Listrik Pulsa

Setelah diketahui beberapa penyebab diatas, tentu tidak bisa sembarangan untuk mengatasi error tersebut. Jadi sebaiknya hubungi PLN saja melalui nomor 123. Selain masalah instalasi, penyebab lainya adalah karena meteran itu sendiri. Jika ini yang terjadi, biasanya pihak PLN akan memberikan kode reset berupa 20 digit angka. Kode ini dimasukan seperti mengisi token listrik untuk mengatasi tulisan periksa pada meteran. 

0 Response to "Cara Mengatasi Tulisan Periksa Di Meteran Listrik Prabayar"

Post a Comment